Mengatur Perencanaan Keuangan pada 2018

Tahun 2017 baru saja berlalu, mari perbaiki atau tata ulang pemahaman sekaligus rencana pengaturan keuangan keluarga, untuk menyongsong kehidupan yang lebih baik pada 2018 ini.

Memang tidak mudah mengatur keuangan dengan baik dan benar, sekalipun itu sudah diniatkan dalam diri masing-masing, tetap saja batu sandungan seperti “nafsu” saat memanfaatkan uang yang Anda miliki ini menjadi kendala terbesar yang musti dihadapi.

Maklum saja manusia pada dasarnya memiliki banyak kebutuhan dalam hidupnya, apalagi jika sudah dikaitkan dengan gaya hidup di era modern seperti sakarang ini. Segala kebutuhan penunjang hidup, entah penting atau tidak seolah-olah sudah menjadi keperluan yang mendasar.

Itu sebabnya anggaran keuangan yang ada selalu kurang, dan tidak mengherankan ‘hutang’ kerap dijadikan jalan keluar hampir setiap bulan. Hal ini pula yang menyebabkan tata kelola keuangan keluarga menjadi berantakan atau bahkan gagal total.

Fenomena keuangan keluarga yang kerap berulang ini menjadi perhatian perencana keuangan keluarga, Rina Dewi Lina yang menyebut persoalan mendasar yang kerap dihadapi keluarga adalah gagalnya menata keuangan.

“Ini selalu berulang, persoalan mendasar yang sering dihadapi adalah hutang yang sudah melewati batas atau besarnya sudah melebihi 40 persen dari penghasilan. Sangat disayangkan hutang yang terjadi adalah hutang yang tidak meningkatkan aset, seperti hutang kartu kredit, KTA mungkin hutang kepada keluarga yang penggunaannya untuk hal hal yang konsumtif,” terangnya kepada Koran Jakarta, baru-baru ini.

Rina melanjutkan keuangan yang tidak sehat bisa diukur dari beberapa rasio keuangan, yang umum terjadi itu porsi hutang yang melebihi batas. Hutang menyebabkan seseorang atau keluarga kehilangan kesempatan dalam berinvestasi, waktu yang hilang untuk memiliki aset, hilang kesempatan menyiapkan dana masa depan maupun dana pendidikan anak anak tercinta.

6 Trik Kelola Keuangan Usai Lulus Kuliah

Bagi Anda baru lulus kuliah dapat mengadaptasi prinsip manajemen keuangan baik apalagi bila memulai karier. Bila sejak dini mengatur anggaran keuangan baik dapat membuat Anda lebih stabil dan bebas stres soal keuangan di masa depan.

Walau Anda baru masuk dunia kerja untuk pertama kali, atau sudah memiliki pekerjaan tetap, mungkin juga ada yang baru memulai bisnis, mengontrol keuangan sangat penting. Ini dapat mencegah Anda dari kebiasaan buruk yang bisa timbulkan masalah keuangan ke depan. Hal itu disampaikan CEO FNB Premier, Lynette Kloppers.

Kloppers pun membagikan sejumlah tips keuangan yang dapat dipertimbangkan seperti ditulis dari laman South Coast Herald, Kamis (15/2/2018):

1. Siapkan dana pensiun sejak awal

Sejumlah individu tidak menyadari pentingnya siapkan dana pensiun sejak awal. Saat berjalannya waktu kadang kita lupa untuk persiapkan dana pensiun. Padahal bila tidak siapkan dana pensiun sejak awal dapat pengaruhi keuangan saat masa pensiun.

6 Kebiasaan Finansial yang Mesti Dimulai Sejak Usia 20-an

078668900_1518005860-sustainable_wide_1.jpg

 Anda masih berusia 20 tahun? Tentunya beberapa dari Anda mungkin baru saja bekerja dengan gaji yang masih standar. Meskipun begitu, Anda harus berdaptasi karena kondisi Anda yang sudah memiliki penghasilan sendiri sehingga tidak mungkin untuk meminta orang tua saat masih kuliah.

Karena sudah memiliki penghasilan sendiri inilah, Anda harus mengetahui cara pengelolaan uang yang baik sehingga tidak lagi menyusahkan orang tua. Anda harus dapat bertahan dengan kondisi gaji yang dimiliki sekarang.

Tak hanya itu, Anda juga harus dapat mandiri dan memiliki kebiasaan-kebiasaan yang baik dalam mengatur urusan finansial. Seperti apa kebiasaan tersebut? Berikut ini penjelasannya seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Pertimbangkan Baik-Baik Sebelum Membeli

Pastikan untuk selalu mempertimbangkan sebelum akan membeli sesuatu. Kebiasaan baik ini harus Anda teruskan selama mungkin. Dengan begitu, Anda ke depannya tidak akan menyesali dalam mengeluarkan uang.

Perbedaan Menabung dan Investasi

Apakah Anda dapat membedakan menabung dan investasi uang? Keduanya tidaklah sama meskipun nampak mirip. Anda perlu mengatur keuangan dengan efektif agar keduanya dapat memainkan peran penting untuk membantu agar uang Anda dapat tumbuh. Banyak investor baru yang tidak memahami apa itu menabung atau investasi uang. Keduanya memiliki tujuan berbeda, memainkan peranan berbeda dalam strategi keuangan Anda. Untuk itu, Anda perlu benar-benar memahami keduanya.

 

"Perbedaan menabung dan berinvestasi adalah tujuan dan kejelasan dari pada tujuannya."

72.-save-or-invest.jpg

 

  1. Menabung : Menabung uang adalah sebuah proses menempatkan uang di tempat yang aman dan uang Anda dapat diakses dengan proses cepat, dapat ditransfer ke rekening lain, termasuk dalam hal mengecek akun tabungan. Di atas itu semua, cadangan kas tetap berada di bank saat Anda berusaha untuk mendapatkannya. Dan untuk memudahkan akses, biasanya nasabah diberi ATM. Selain itu, bank umumnya juga akan menarik biaya bulanan agar Anda bisa tetap menyimpan uang. Hanya saja, jumlah nilai uang saat ditabung seringkali tergerus oleh inflasi sehingga bagi sebagian orang menabung dianggap tidak menguntungkan. Menabung biasanya tidak menentukan kapan dana akan digunakan, berapa dana diperlukan, berapa besar dana yang harus ditabung, jenis investasi yang akan digunakan, tidak mengharapkan hasil yang relative tinggi dan tidak menggunakan strategi.

  2. Berinvestasi: Pada umumnya sudah ditentukan tujuannya, berapa lama lagi akan digunakan, instrumen investasi apa yang akan dipakai, berapa dana harus diinvestasikan, dan menggunakan strategi untuk mencapainya.

Site Search

Latest News

Written on 29/06/2020, 07:35 by Rina Dewi Lina
rina-dewi-linaAda yang bertanya tanya,kenapa sih pensiun harus disiapkan?...
Written on 09/04/2018, 10:39 by Rima
mengatur-perencanaan-keuangan-pada-2018Tahun 2017 baru saja berlalu, mari perbaiki atau tata ulang pemahaman sekaligus rencana pengaturan keuangan keluarga, untuk menyongsong kehidupan yang...
Written on 06/03/2018, 09:46 by Rima
bawono-yadikaBagi Anda baru lulus kuliah dapat mengadaptasi prinsip manajemen keuangan baik apalagi bila memulai karier. Bila sejak dini mengatur anggaran...
Written on 26/02/2018, 17:36 by Rima
nurseffi-dwi-wahyuni  Anda masih berusia 20 tahun? Tentunya beberapa dari Anda mungkin baru saja bekerja dengan gaji yang masih standar. Meskipun begitu, Anda harus...
Written on 22/01/2018, 10:09 by Rima
perbedaan-menabung-dan-investasiApakah Anda dapat membedakan menabung dan investasi uang? Keduanya tidaklah sama meskipun nampak mirip. Anda perlu mengatur...
Guest - stephen sam
Health is an important one, most of the people are not taking much more careful about their body hea...

Buku Panduan Keuangan

Hemat-Bisa-Kaya-Boros-Pasti-Miskin

Buku Hemat Bisa Miskin, Boros Pasti Kaya

Full Review Bet365 www.bbetting.co.uk