6 Kebiasaan Finansial yang Mesti Dimulai Sejak Usia 20-an

078668900_1518005860-sustainable_wide_1.jpg

 Anda masih berusia 20 tahun? Tentunya beberapa dari Anda mungkin baru saja bekerja dengan gaji yang masih standar. Meskipun begitu, Anda harus berdaptasi karena kondisi Anda yang sudah memiliki penghasilan sendiri sehingga tidak mungkin untuk meminta orang tua saat masih kuliah.

Karena sudah memiliki penghasilan sendiri inilah, Anda harus mengetahui cara pengelolaan uang yang baik sehingga tidak lagi menyusahkan orang tua. Anda harus dapat bertahan dengan kondisi gaji yang dimiliki sekarang.

Tak hanya itu, Anda juga harus dapat mandiri dan memiliki kebiasaan-kebiasaan yang baik dalam mengatur urusan finansial. Seperti apa kebiasaan tersebut? Berikut ini penjelasannya seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Pertimbangkan Baik-Baik Sebelum Membeli

Pastikan untuk selalu mempertimbangkan sebelum akan membeli sesuatu. Kebiasaan baik ini harus Anda teruskan selama mungkin. Dengan begitu, Anda ke depannya tidak akan menyesali dalam mengeluarkan uang.

2. Selalu Alokasikan Pengeluaran untuk Tabungan

Meskipun Anda memiliki banyak rencana saat sedang menerima gaji, akan lebih baik jika mengalokasikan pengeluaran Anda untuk ditabungkan. Menabung merupakan kewajiban pertama dan yang paling utama sesaat setelah Anda menerima gaji.

Setelah itulah, baru Anda dapat membagikan sisanya ke beberapa pos-pos pengeluaran. Dengan begitu, tidak ada lagi yang namanya “gagal menabung” dalam hidup. Anda pun juga tak perlu khawatir saat terdapat kebutuhan mendesak dan lainnya.

3. Persiapkan Dana untuk Pensiun

019620600_1516086523-9.jpg

Meskipun masih muda, tidak ada salahnya jika Anda mulai membuat persiapan untuk masa pensiun. Setidaknya, selagi masih muda, Anda masih memiliki energi yang besar untuk terus bergerak dan berkarya.

Untuk memiliki dana pensiun, Anda bisa mulai dengan menyisihkan setidaknya 15 persen dari pemasukan yang didapatkan. Semakin dini Anda memulai, semakin banyak saldo tabungan pensiun Anda. 

4. Jadikan Bayar Cicilan sebagai Prioritas

Utang dapat menjadi masalah yang menganggu kestabilan keuangan sewaktu-waktu. Jika Anda memang memiliki tumpukan utang, segeralah untuk melunasinya.

Dengan begitu, beban pikiran dan utang tidak akan terus-menerus mengganggu kehidupan. Tak hanya itu, pastikan untuk tidak terlalu banyak berutang di luar dari kemampuan finansial Anda.

5. Nikmati Pengalaman dari Pengeluaran yang Dilakukan

1519569940_141_6-kebiasaan-finansial-yang-mesti-dimulai-sejak-usia-20-an.jpg

Dibandingkan menghabiskan uang hanya untuk membeli barang-barang yang kurang penting, mengapa tidak menyalurkan uang Anda pada sesuatu yang berharga semisal pengalaman?

Sebagai contoh, Anda menggunakan sebagian pemasukan untuk mengikuti kursus bahasa asing, memasak, ataupun pergi berlibur ke tempat-tempat yang dapat memperkarya pengetahuan yang Anda miliki.

6. Ambil Pekerjaan Sampingan

Pada usia yang masih muda ini, tidak ada salahnya jika Anda terus mencari sesuatu hal yang baru dalam kehidupan. Jika dulu semasa kuliah, Anda sering bekerja sampingan sambil kuliah maka tidak ada salahnya jika tetap meneruskannya meskipun sudah memiliki pekerjaan utama.

Yang paling penting adalah jangan sampai pekerjaan utama terganggu. Tak hanya mendapatkan penghasilan tambahan, Anda pun juga akan mendapatkan banyak keuntungan.

Mulai dari koneksi, pengalaman, dan hal lainnya yang bermanfaat untuk masa depan Anda.

 

Keuangan Masa Depan Akan Terbantu dengan Kebiasaan yang Sehat

Tanpa Anda sadari, kebiasaan-kebiasaan sehat yang Anda lakukan saat ini akan memberikan pengaruh yang cukup besar untuk keuangan di masa depan. Keuangan Anda 10 tahun mendatang akan sangat terbantu dengan perilaku-perilaku hidup sehat yang Anda jalankan saat ini.

 

SUMBER

Post comment as a guest

0
  • No comments found

Site Search

Latest News

Written on 29/06/2020, 07:35 by Rina Dewi Lina
rina-dewi-linaAda yang bertanya tanya,kenapa sih pensiun harus disiapkan?...
Written on 09/04/2018, 10:39 by Rima
mengatur-perencanaan-keuangan-pada-2018Tahun 2017 baru saja berlalu, mari perbaiki atau tata ulang pemahaman sekaligus rencana pengaturan keuangan keluarga, untuk menyongsong kehidupan yang...
Written on 06/03/2018, 09:46 by Rima
bawono-yadikaBagi Anda baru lulus kuliah dapat mengadaptasi prinsip manajemen keuangan baik apalagi bila memulai karier. Bila sejak dini mengatur anggaran...
Written on 26/02/2018, 17:36 by Rima
nurseffi-dwi-wahyuni  Anda masih berusia 20 tahun? Tentunya beberapa dari Anda mungkin baru saja bekerja dengan gaji yang masih standar. Meskipun begitu, Anda harus...
Written on 22/01/2018, 10:09 by Rima
perbedaan-menabung-dan-investasiApakah Anda dapat membedakan menabung dan investasi uang? Keduanya tidaklah sama meskipun nampak mirip. Anda perlu mengatur...
Guest - stephen sam
Health is an important one, most of the people are not taking much more careful about their body hea...

Buku Panduan Keuangan

Hemat-Bisa-Kaya-Boros-Pasti-Miskin

Buku Hemat Bisa Miskin, Boros Pasti Kaya

Full Review Bet365 www.bbetting.co.uk