Apa Itu Perencanaan Keuangan

Medan Bisnis, 9 Mei 2011
Apa Itu Perencanaan Keuangan

Mengapa masih banyak sekali di negara kita orang yang pensiun mengalami "post power syndrome" karena hilangnya kekuasaan, dan terutama karena penghasilannya turun drastic, bahkan ada yang tidak mempunyai penghasilan sama sekali, dan kehidupan masa pensiunnya mengandalkan pemberian dari anak-anak. Sedangkan bagi bujangan yang sudah bekerja, sangat banyak yang sering kekurangan uang setiap bulan. Walaupun memiliki penghasilan yang baik dan belum mempunyai tanggung jawab terhadap istri dan anak.Semua ini dikarenakan setiap orang ataupun keluarga, sudah atau belum melakukan PK yang tepat dan melakukan PK gaya (cara) sendiri. Masih melakukan PK tanpa membuat skala prioritas, tanpa melihat kondisi keuangan saat ini tanpa memperhitungkan inflasi, bahkan tanpa tujuan yang jelas. Contohnya, biaya sekolah masuk Perguruan Tinggi (PT) saat ini Rp 30 juta.Maka pada masa 18 tahun ke depan dengan asumsi inflasi 10% atau kenaikan setiiap tahun 10%, biaya masuk PT menjadi Rp 165 juta. Jika kenaikan setiap tahun 15% maka biaya masuk PT akan menjadi Rp 317 juta. Dengan cara biasa maka harus menabung sebesar Rp 770.000 atau Rp 1,7 juta. Sedangkan dengan melakukan PK yang terarah dan menggunakan investasi yang tepat, setiap bulan yang harus disisihkan adalah Rp 80.000 atau Rp 176.000.

Emergency Fund

MEDAN BISNIS 6 JUNI 2011

Tetangga sebelah mengeluh, karena uang yang ditabung dengan  susah payah untuk anaknya sekolah akhirnya bobol juga, digunakan  untuk keperluan orang tuanya yang tiba-tiba harus dirawat di Rumah Sakit. Bukan hanya tabungannya saja tetapi investasinya di Reksadana terpaksa ditariknya sebagian. Adik yang biasanya turut menanggung biaya pengobatan orang tuanya sedang terkena PHK, sedangkan kakaknya yang biasanya turut serta dalam menanggung biaya, saat ini istrinya baru saja keluar dari rumah sakit karena deman berdarah. Walaupun pengobatannya ditanggung oleh perusahaannya, tetapi sang kakak harus nombok biaya rumah sakit, karena kelas yang menjadi jatahnya penuh, dan terpaksa istrinya dirawat dikelas rumah sakit yang lebih tinggi. Dia mengeluh bukan karena harus membantu orang tuanya, tetapi mengeluhkan bagaimana caranya dan bagaimana menyiasati supaya tabungan buat anaknya sekolah tidak terganggu. Padahal dia selalu mencatat penerimaan dan pengeluaran dengan disiplin (cara membuat arus kas ada pada tulisan minggu lalu “Cara bikin dompet jadi tebal”).

Mungkin Anda sering mendengar Financial Planner atau Perencana Keuangan, menyebut-nyebut Dana Darurat atau Emergency Fund. Dana darurat adalah dana yang disiapkan untuk keperluan-keperluan darurat dan tidak boleh digunakan untuk apapun selain untuk keadaan darurat. Nah masalahnya bagi ibu rumah tangga, yang disebut dana darurat itu seperti apa? Membeli barang yang ditawarkan oleh guru sekolah anaknya yang datang kerumah? Membeli panci yang sudah bocor? Kedatangan tamu yang menginap berhari-hari dirumah dalam jumlah banyak? Membeli panci presto yang dengan cicilan yang sangat ringan dan sangat membantu dalam proses memasak? Atau membeli seragam anak yang sudah belel sebelum waktunya? Atau membetulkan rumah yang bocor? Ini kondisi penting tetapi tidak urgent, artinya kalau tidak dilakukan segera keluarga masih bisa berjalan dengan normal.

Cara murah mengisi liburan

Dengan berakhirnya tahun ajaran, kenaikan kelas terjadi pada seluruh jenjang pendidikan, bahkan juga bagi mahasiswa. Tentu banyak yang harus dikeluarkan, membeli seragam baru, buku pelajaran baru dan alat-alat sekolah, mungkin sepatu baru atau tas baru.
Hal pasti yang harus dikeluarkan bila anak-anak Anda bersekolah di sekolah swasta adalah adanya biaya pendaftaran ulang yang tidak sedikit, berkisar antara Rp 1 juta-Rp5 juta, tergantung kebijakan sekolah.

Belum lagi bila anak Anda harus memasuki jenjang pendidikan baru, dari TK ke SD, SD ke SMP, SMP dan SMA dan seterusnya, memerlukan biaya yang tidak murah. Di Jakarta, untuk sekolah negeri berkisar antara Rp 2 juta-Rp 10 juta dan sekolah swasta pada umumnya antara Rp 5 juta sampai tidak terbatas.

Sayangnya biaya-biaya ini tidak bisa ditawar, sekolah menentukan dan siswa yang ingin bersekolah di tempatnya harus mengikuti aturan sekolah termasuk pembayarannya. Bagaimana bagi yang memiliki 3 anak yang berbeda 3 tahun? Semua akan memasuki jenjang pendidikan baru. Di saat yang bersamaan murid-murid sekolah mendapat libur kenaikan kelas yang cukup panjang, rata-rata 2 minggu. Siapkah Anda dengan semua ini?

Agar keuangan keluarga tidak runtuh

Pada suatu hari anda dan pasangan sedang berjalan-jalan ke sebuah pameran properti di JCC. Anda dan pasangan sudah lama mengidamkan sebuah apartemen yang bagus dan terjangkau dengan kantong anda sehingga anda bisa cepat hengkang dari pondok mertua indah. 

Ketika anda sedang berjalan bergandengan tangan dengan pasangan anda, seorang agen properti di salah satu stand pameran mendekati anda dan memberikan selembar kertas iklan properti yang ditawarkannya seraya berkata "pak, bu liat dulu apartemen bagus di sebuah lokasi strategis dengan harga sangaat murah" dan ketika anda melihat di selebarannya anda benar-benar tercengang ketika anda melihat dengan mata kepala anda sendiri bahwa harga apartemen itu sangat murah sehingga anda sangat tertarik untuk membelinya. 

Anda kemudian mampir ke stand tersebut dan mulai bertanya apakah penawaran itu sungguhan? Seorang staf cantik menjelaskan dengan ramah bahwa harga tertulis adalah harga sebenernya. 

Anda sangat antusias untuk membelinya, kemudian anda bertanya lebih jauh mengapa harganya bisa semurah itu? 

Site Search

Latest News

Written on 29/06/2020, 07:35 by Rina Dewi Lina
rina-dewi-linaAda yang bertanya tanya,kenapa sih pensiun harus disiapkan?...
Written on 09/04/2018, 10:39 by Rima
mengatur-perencanaan-keuangan-pada-2018Tahun 2017 baru saja berlalu, mari perbaiki atau tata ulang pemahaman sekaligus rencana pengaturan keuangan keluarga, untuk menyongsong kehidupan yang...
Written on 06/03/2018, 09:46 by Rima
bawono-yadikaBagi Anda baru lulus kuliah dapat mengadaptasi prinsip manajemen keuangan baik apalagi bila memulai karier. Bila sejak dini mengatur anggaran...
Written on 26/02/2018, 17:36 by Rima
nurseffi-dwi-wahyuni  Anda masih berusia 20 tahun? Tentunya beberapa dari Anda mungkin baru saja bekerja dengan gaji yang masih standar. Meskipun begitu, Anda harus...
Written on 22/01/2018, 10:09 by Rima
perbedaan-menabung-dan-investasiApakah Anda dapat membedakan menabung dan investasi uang? Keduanya tidaklah sama meskipun nampak mirip. Anda perlu mengatur...
Guest - stephen sam
Health is an important one, most of the people are not taking much more careful about their body hea...

Buku Panduan Keuangan

Hemat-Bisa-Kaya-Boros-Pasti-Miskin

Buku Hemat Bisa Miskin, Boros Pasti Kaya

Full Review Bet365 www.bbetting.co.uk