Cara murah mengisi liburan

Dengan berakhirnya tahun ajaran, kenaikan kelas terjadi pada seluruh jenjang pendidikan, bahkan juga bagi mahasiswa. Tentu banyak yang harus dikeluarkan, membeli seragam baru, buku pelajaran baru dan alat-alat sekolah, mungkin sepatu baru atau tas baru.
Hal pasti yang harus dikeluarkan bila anak-anak Anda bersekolah di sekolah swasta adalah adanya biaya pendaftaran ulang yang tidak sedikit, berkisar antara Rp 1 juta-Rp5 juta, tergantung kebijakan sekolah.

Belum lagi bila anak Anda harus memasuki jenjang pendidikan baru, dari TK ke SD, SD ke SMP, SMP dan SMA dan seterusnya, memerlukan biaya yang tidak murah. Di Jakarta, untuk sekolah negeri berkisar antara Rp 2 juta-Rp 10 juta dan sekolah swasta pada umumnya antara Rp 5 juta sampai tidak terbatas.

Sayangnya biaya-biaya ini tidak bisa ditawar, sekolah menentukan dan siswa yang ingin bersekolah di tempatnya harus mengikuti aturan sekolah termasuk pembayarannya. Bagaimana bagi yang memiliki 3 anak yang berbeda 3 tahun? Semua akan memasuki jenjang pendidikan baru. Di saat yang bersamaan murid-murid sekolah mendapat libur kenaikan kelas yang cukup panjang, rata-rata 2 minggu. Siapkah Anda dengan semua ini?

Satu-satunya hal yang bisa dihemat adalah biaya berlibur. Pertanyaannya, apakah Anda sekeluarga sudah merencanakan untuk melakukan liburan? Bila sudah ke mana akan pergi? Sudahkah Anda menyiapkan biaya untuk liburan? Ataukah Anda mengambil dari biaya bulanan? Kalau dari biaya bulanan, bagaimana Anda akan menutupi kekurangannya?

Meminjam uang ke koperasi, KTA, atau kartu kredit? Perlu diingat meminjam uang dari KTA dan kartu kredit untuk liburan, sangat tidak bijaksana. Selain bunganya tinggi, akan mengganggu arus kas Anda, karena cicilannya akan menambah pengeluaran bulanan.

Bagi Anda yang sudah menyiapkan dana liburan, tetaplah berlibur sesuai dengan rencana. Pada umumnya berlibur memerlukan biaya transportasi bisa menggunakan kendaraan sendiri atau transportasi umum seperti bus, kereta api bahkan pesawat terbang.

Selain itu biaya makan, makanan kecil dan minuman, mungkin diperlukan penginapan dan diperlukan dana untuk belanja. Tetap disiplin menggunakan dana yang sudah disediakan.
Jangan memaafkan diri sendiri untuk menggunakan dana bulanan ataupun kartu kredit untuk menambahkan dana liburan sehingga dana menjadi membengkak.

Bagi keluarga yang memiliki dana liburan pas-pasan, Anda bisa memilih mengirimkan anak-anak Anda kerumah keluarga yang berada di daerah. Selain anak-anak bisa menghirup udara segar, mereka dapat belajar tentang kehidupan di daerah

Ajarkan bagaimana mereka harus bersyukur dengan kondisinya saat ini, sebab kemungkinan besar di daerah anak-anak dapat melihat secara langsung anak-anak seusianya yang harus bekerja membantu orang tuanya , bahkan mungkin melihat anak-anak yang kurang beruntung karena tidak mendapat kesempatan mengenyam pendidikan formal.

Bagaimana bagi yang tidak menyiapkan dana liburan? Menahan diri untuk menggunakan dana bulanan adalah pilihan yang sangat bijak. Liburan bisa dilakukan di rumah bersama keluarga. Orangtua yang bekerja tetap dapat mengambil cuti dan menghabiskan waktu dengan Ananda tercinta. Liburan di rumah bisa dilakukan dan menyenangkan. Buatlah menu makanan yang disukai anak-anak.

Ciptakan permainan-permainan yang melibatkan seluruh keluarga, misalnya main monopoli, ular tangga, menceritakan dongeng, menonton film di rumah dengan menggunakan alat penampil film (VCD atau DVD) yang pada umumnya sudah dimiliki oleh hampir seluruh keluarga dari golongan menengah atau permainan lainnya .

Orangtua juga bisa menciptakan liburan yang kreatif, misalnya dengan membuat beberapa percobaan di sekitar rumah, seperti bagaimana mencangkok tanaman, memelihara ikan, atau menciptakan permainan anak-anak dengan menggunakan alat-alat yang ada di rumah sehingga anak-anak dapat terlatih untuk menciptakan inovasi dan kreatifitasnya. ciptakan suasana yang menyenangkan bagi seluruh keluarga, orangtua yang bekerja dapat menyimpan dahulu alat komunikasinya. Waktu liburan betul-betul digunakan untuk anak-anak Anda. Kebersamaan adalah hal yang paling penting dalam liburan keluarga.

Saat ini banyak sekolah-sekolah yang mengkoordinasikan liburan anak-anak dengan mengadakan liburan ibadah.

Bagi umat muslim, sekolah sering mengadakan pesantren kilat, dan tentunya bagi umat nonmuslim banyak acara liburan yang dapat dihabiskan dengan melakukan kegiatan-kegiatan sosial di tempat ibadahnya.

Buatlah acara liburan bukan sekadar hura-hura yang membuang uang percuma, tapi ciptakan acara liburan yang kreatif, inovatif dan mendidik. Selamat berlibur.
(Oleh | Rina Dewi Lina, MM, CFP®, QWP™, LUF)

RDL consulting penyelenggara kelas Registered Financial Planner, Workshop Perencanaan Keuangan

Post comment as a guest

0

People in this conversation

  • http://www.kdrt.ch/images/photos/978/156/a6012b9779b4edc296fdf57e.jpg

  • Waktu libur saya gunakan untuk menulis artikel:)

  • Guest - Peterson Cully

    Apakah Anda mencari pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman rumah, mobil
    pinjaman, pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, usaha
    modal, dll .. Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau keuangan
    lembaga untuk satu atau lebih reasons.You di tempat yang tepat untuk
    solusi pinjaman Anda! Saya seorang pemberi pinjaman pribadi, saya memberikan pinjaman kepada
    perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari
    2%. Bunga. Silahkan hubungi kami via email kreditsolutionhome@outlook.com

Site Search

Latest News

Written on 29/06/2020, 07:35 by Rina Dewi Lina
rina-dewi-linaAda yang bertanya tanya,kenapa sih pensiun harus disiapkan?...
Written on 09/04/2018, 10:39 by Rima
mengatur-perencanaan-keuangan-pada-2018Tahun 2017 baru saja berlalu, mari perbaiki atau tata ulang pemahaman sekaligus rencana pengaturan keuangan keluarga, untuk menyongsong kehidupan yang...
Written on 06/03/2018, 09:46 by Rima
bawono-yadikaBagi Anda baru lulus kuliah dapat mengadaptasi prinsip manajemen keuangan baik apalagi bila memulai karier. Bila sejak dini mengatur anggaran...
Written on 26/02/2018, 17:36 by Rima
nurseffi-dwi-wahyuni  Anda masih berusia 20 tahun? Tentunya beberapa dari Anda mungkin baru saja bekerja dengan gaji yang masih standar. Meskipun begitu, Anda harus...
Written on 22/01/2018, 10:09 by Rima
perbedaan-menabung-dan-investasiApakah Anda dapat membedakan menabung dan investasi uang? Keduanya tidaklah sama meskipun nampak mirip. Anda perlu mengatur...
Guest - stephen sam
Health is an important one, most of the people are not taking much more careful about their body hea...

Buku Panduan Keuangan

Hemat-Bisa-Kaya-Boros-Pasti-Miskin

Buku Hemat Bisa Miskin, Boros Pasti Kaya