Panduan membeli asuransi individu sebagai payung keluarga

Info Bank, Majalah,Agustus 2009


Tidak ada satupun dalam kehidupan yang tidak beresiko. Bagaimana cara seseorang dapat memperkecil atau mengalihkan suatu resiko dari diri sendiri atau keluarganya? Pilihan yang paling tepat adalah mengalihkan resiko kepada perusahaan asuransi.

Asuransi memberikan manfaat ketika seseorang masih hidup(living benefit) dan manfaat ketika sesorang meninggal dunia (death benefit). Asuransi memberikan perlindungan terhadap ketidakpastian kehilangan finansial yang dapat terjadi dikarenakan meninggal dini, cacat atau terkena penyakit kritis, dirawat dirumah sakit ataupun musibah kebakaran, bencana alam dan musibah lainnya, yang dapat menyebabkan penghalang untuk tercapainya perencanaan keuangan keluarga dan menawarkan penanggulangan penggantian pendapatan, penggantian sebagian kerugian pada harta benda.

Asuransi secara umum dibagi 2 yaitu :

1) Asuransi jiwa, terdiri dari asuransi jiwa , asuransi kesehatan: rawat inap dan rawat jalan.

2.) Asuransi umum disebut juga asuransi kerugian, terdiri dari asuransi : kecelakaan, personal accident (PA), profesi dokter, kendaraan, rumah, dan harta benda lainnya.

Bagaimana memilih prioritas membeli asuransi? Skala prioritas dalam membeli asuransi seperti dibawah ini :

Prioritas pertama adalah asuransi jiwa, Manfaatnya memberikan perlindungan terhadap nilai ekonomis seseorang yang dimiliki oleh pencari nafkah. Jumlah uang pertanggungan (UP) diperlukan minimal 5 kali pengeluaran untuk mengganti sebagian penghasilan dan bila anda cukup mampu, belilah UP sebagai pengganti penghasilan. Misalnya penghasilan setahun Rp. 60.000.000,- rupiah, bunga deposito sebesar 6%, maka UP yang diperlukan adalah Rp. 60.000.000 : 6% = Rp. 1.000.000.000,-. Jumlah UP yang akan diterima dapat digunakan sebagai biaya penyesuaian standar hidup dan final expenses seperti biaya pemakaman, membayar hutang, pajak, biaya sekolah, dana pensiun, biaya penyesuaian pendapatan, pengganti penghasilan dan biaya akhir lainnya. Asuransi jiwa dapat memberikan future fund (dana dimasa yang akan datang). Beberapa dasar produk asuransi jiwa adalah :

 

1. Term Life (TL) , adalah asuransi berjangka sementara yang memberikan manfaat wafat sampai usia 60 tahun. Premi asuransi relative lebih murah.

2. Re-entry Term, adalah asuransi yang dapat diulang sampai usia 100 tahun. Produk yang menggunakan Re-entry Term adalah Unit Link (UL), digunakan pada premi dasar, digabung dengan investasi yang berguna sebagai cadangan biaya-biaya asuransi. Re Entry Term pada UL memberikan manfaat hidup dan manfaat wafat .

3. Wholelife (WL) adalah asuransi yang memberikan manfaat asuransi seumur hidup, mengandung cash value (nilai tunai), menyediakan future fund dan final expense.

4. Endownment, adalah campuran dari Term Life atau Whole Life yang digabungkan dengan unsur tabungan, seperti asuransi : pendidikan, pensiun dan cash plan. Endownment memberikan manfaat hidup dan manfaat wafat.

Asuransi yang menjadi prioritas untuk dibeli adalah asuransi yang memberikan manfaat seumur hidup dan secara otomatis menyediakan final expenses.

Prioritas kedua, asuransi penyakit kritis dibeli bersamaan dengan asuransi jiwa. Misal, biaya operasi jantung sebesar Rp. 150.000.000,-. Setelah operasi masih memerlukan biaya perawatan, sebesar Rp. 1.500.000,/bulan, dalam setahun diperlukan biaya Rp. 18.000.000,-. Diasumsikan dana untuk membeli obat minimal 10 tahun. Total uang pertanggungan yang diperlukan sebesar Rp. 330.000.000,-. Asuransi jenis ini diperlukan juga oleh pasangan dari pencari nafkah dan anak-anak.

Prioritas ketiga adalah asuransi Cacat. Besar UP harus dapat menggantikan penghasilan.

Prioritas keempat adalah asuransi kesehatan rawat inap. Asuransi jenis ini bermanfaat untuk melindungi tabungan Anda dari kewajiban membayar biaya rumah sakit.

Prioritas kelima adalah asuransi harta benda, berguna untuk melindungi kekayaan Anda bila musibah, seperti : kebakaran, bencana alam, tabrakan dan lain sebagainya. Jenis asuransi yang umum dibeli :

1. Asuransi kendaraan, ada dua jenis :

a). Total Lost (TLO) , memberikan manfaat penggantian bila mobil Anda hilang, atau terjadi kerusakan sampai 75%.

b) Comprehensive, memberikan penggantian biaya kerusakan akibat menabrak, ditabrak, lecet, bencana alam, kebakaran sampai kehilangan.

2. Asuransi rumah,, memberikan penggantian kehilangan atas benda-benda yang berada dirumah Anda. Manfaat lainnya menggantikan kerugian akibat kebakaran, bencana alam, kejatuhan pesawat, dan musibah lainnya.

Belilah asuransi jiwa selagi perusahaan Asuransi dapat menerima permohonan Anda dan sesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda.

RINA DEWI LINA

15 MEI 2009

Post comment as a guest

0

People in this conversation

Site Search

Latest News

Written on 29/06/2020, 07:35 by Rina Dewi Lina
rina-dewi-linaAda yang bertanya tanya,kenapa sih pensiun harus disiapkan?...
Written on 09/04/2018, 10:39 by Rima
mengatur-perencanaan-keuangan-pada-2018Tahun 2017 baru saja berlalu, mari perbaiki atau tata ulang pemahaman sekaligus rencana pengaturan keuangan keluarga, untuk menyongsong kehidupan yang...
Written on 06/03/2018, 09:46 by Rima
bawono-yadikaBagi Anda baru lulus kuliah dapat mengadaptasi prinsip manajemen keuangan baik apalagi bila memulai karier. Bila sejak dini mengatur anggaran...
Written on 26/02/2018, 17:36 by Rima
nurseffi-dwi-wahyuni  Anda masih berusia 20 tahun? Tentunya beberapa dari Anda mungkin baru saja bekerja dengan gaji yang masih standar. Meskipun begitu, Anda harus...
Written on 22/01/2018, 10:09 by Rima
perbedaan-menabung-dan-investasiApakah Anda dapat membedakan menabung dan investasi uang? Keduanya tidaklah sama meskipun nampak mirip. Anda perlu mengatur...
Guest - stephen sam
Health is an important one, most of the people are not taking much more careful about their body hea...

Buku Panduan Keuangan

Hemat-Bisa-Kaya-Boros-Pasti-Miskin

Buku Hemat Bisa Miskin, Boros Pasti Kaya